RPL

Rekaya Perangkat Lunak

Pengertian Rekaya Perangkat Lunak (RPL)


Rekayasa Perangkat Lunak (RPL,atau Software) adalah salah satu bidang profesi yang mendalami cara cara pengembangan perangkat lunak.Seperti pembuatan, pemeliharaan,manajemen organisasi,pembangunan perangkat lunak,dan manajemen kualitas.


Perangkat Lunak adalah seluruh perintah yang digunakan untuk memperoses informasi.Perangkat Lunak dapat berupa program atau prosedur.Program adalah kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer,sedangkan prosedur adalah perintah yang dibutuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi.


Mendefinisikan Rekayasa Perangkat Lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis,disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan,pemeliharaan dan penggunaan Perangkat Lunak,serta studi atas pendekatan ini,yaitu penerapan atas pendekatan Engineering Perangkat Lunak ini.


Rekaya Perangkat Lunak adalah pengubahan Perangkat Lunak itu sendiri guna mengembangkan,memelihara,dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip rekayasa untuk menghasilkan Perangkat Lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.


Kriteria Dan Pentingnya RPL



Dalam melakukan rekayasa perangkat lunak,anda membutuhkan beberapa kriteria yang terdiri atas:
  • Perangkat lunak harus dapat terus dirawat dan dipelihara (maintainability).
  • Perangkat lunak yang dikembangkan harus dapat mengikuti perkembangan teknologi terbaru (dependability).
  • Perangkat lunak yang direkayasa harus dapat mengikuti keinginan pengguna (robust).
  • Perangkat lunak harus direkayasa agar efektif dan efisien dalam menggunakan energi dalam penggunaannya.
  • Perangkat lunak yang direkayasa harus dapat memenuhi kebutuhan sesuai keinginan awal pengembangan perangkat lunak (usability).
  • Kebutuhan untuk meminimalkan biaya produksi suatu perangkat lunak.


Di dalam ilmu teknologi informasi, proses rekayasa perangkat lunak ini sangat penting. RPL penting untuk dilakukan karena:

  • Kebutuhan untuk menghasilkan perangkat lunak yang memiliki kinerja yang tinggi dan handal.
  • Kebutuhan untuk mengerjakan proyek pembuatan dan pengembangan perangkat lunak yang terstruktur dan tepat waktu.
  • Kebutuhan untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat beoperasi pada berbagai platform.
  • Kebutuhan untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat mengikuti perkembangan kemajuan teknologi informasi.
  • Kebutuhan untuk meminimalkan biaya perawatan suatu perangkat lunak.


Materi RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

      

Ada beberapa materi yang harus kita pelajari yaitu:


  • Software quality.Materi ini akan membahas mengenai hal-hal yang dapat menentukan kualitas dari perangkat lunak yang akan dikembangkan.
  • Requirement engineering.Materi ini berhubungan dengan teknik kebutuhan perangkat lunak yang akan dikembangkan.
  • Project management.Materi ini akan membahas mengenai manajemen suatu proyek yang akan mengembangkan perangkat lunak.pada bagian ini ada juga beberapa materi yang harus dipelajari diantaranya adalah stakeholder,milestone, dan timeline.   
  •  Software testing.Materi ini akan membahas metode-metode yang dapat dilakukan untuk pengujian suatu perangkat lunak.    
  • Software quality assurance.Materi ini akan mempelajari mengenai hal-hal yang menjamin mutu suatu perangkat lunak.      
  • Distributed software engineering. Materi ini akan membahas tentang pengembangan perangkat lunak terdistribusi dan pengembangannya. 
  • Software maintenance. Materi ini berhubungan dengan alasan dilakukan perawatan pada perangkat lunak. Materi ini juga berisikan hal-hal yang harus di perhatikan ketika merawat suatu perangkat lunak.
  • Software design and modeling. Di materi ini anda akan belajar tentang model-model perancangan yang bisa digunakan dalam merancang perangkat lunak.Dalam materi ini juga akan mempelajari diagram-diagram untuk memodelkan perangkat lunak.


Ruang Lingkup Materi RPL (Rekayasa 
Perangkat Lunak)


Berikut ini ruang lingkup RPL secara umum:

  • Software requirement yang berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak yang akan dikembangkan dan persyaratan dalam pengembangan tersebut.
  • Software design yang mencakup keseluruhan proses perancangan arsitektur, komponen, interface (antar muka), database, dan komponen lainnya yang harus ada di dalam perangkat lunak.
  • Software cinstruction yang berhubungan dengan penerapan perancangan yang sudah dilakukan hingga menjadi suatu perangkat lunak sesungguhnya. Materi ini mencakup proses peng-codingan perangkat lunak, pemasukan algoritma ke dalam perangkat lunak, serta pengujian sub-sub perangkat lunak.
  • Software testing yang meliputi pengujian keseluruhan perangkat lunak yang sudah jadi. Setelah melalui proses construction dan terbentuk perangkat lunak yang utuh, maka perangkat lunak akan melalui tahapan pengujian dengan berbagai metode pengujian yang sudah ditetapkan. Pengujian ini juga termasuk proses implementasi perangkat lunak kepada user yang dituju.
  • Software maintanance yang mencakup upaya-upaya yang dilakukan untuk merawat perangkat lunak yang sudah digunakan oleh user.
  • Software configuration management yang berhubungan dengan proses-proses perubahan konfigurasi perangkat lunak yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Hal ini dilakukan setelah perangkat lunak diimplementasikan, namun ternyata ada fitur baru yang ingin ditambahkan mengikuti perkembangan dan kebutuhan pengguna.
Ketika mempelajari RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), RPL juga akan
menguasai bidang ilmu lainnya. RPL memang sangat terikat dengan bidang ilmu di luar IT.
RPL akan dihubungkan dengan bidang ilmu akutansi, finansial, pemasaran, ekonomi, analisis bisnis, manajemen sumber daya manusia, dan analisis kebijakan. Dalam mempelajari RPL juga membutuhkan ilmu di bidang matematika, seperti kalkulus, peluang, dan statistik yang dibutuhkan sepanjang proses pengembangan perangkat lunak.
Proses rekayasa perangkat lunak akan membahas semua aspek produksi suatu perangkat lunak mulai dari tahap awal. Semua aspek produksi inilah yang membuat anda membutuhkan ilmu-ilmu dari berbagai bidang di luar bidang IT.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

website

Menambahkan CSS ke dalam HTML